Perumahan vs Rumah Kavling: Cek Lokasi dan Kenyaman Bukan Baca Brosur!

Siapa yang tidak mau memiliki rumah sendiri? Karena memiliki rumah sendiri merupakan impian banyak orang, memang bukan hal yang mudah untuk bisa memiliki rmah sendiri, karena seperti yang kita ketahui bahwa harga rumah ini bisa di bilang mahal, terlebih harga rumah ataupun property lainnya selalu mengalami kenaikan harga di setiap tahunnya.


Ketika kita akan membeli rumah ini kita akan di di beri beberapa pilihan seperti diantaranya perumahan atau juga rumah kavling, lalu kira-kira mana ya yang lebih enak? Membeli rumah di perumahan atau rumah kavling? Mari kita bahas bersama.

Perumahan

Perumahan adalah suatu tempat atau lokasi yang sengaja di buat menjadi kelompok rumah yang biasanya dibangun secara seragam dan di bangun oleh satu pengembang, dengan begitu ketika kamu akan membeli rumah di suatu perumahan, kemungkinan besar rumah yang akan kamu huni akan sama dengan penghuni lainnya, kecuali kamu me rehab bangunan tersebut dengan izin terlebih dahulu.

Membeli rumah di perumahan dirasa cukup praktis, namun tidak sedikit perumahan yang tidak melakukan pembangunan dengan baik, misal seperti bahan bangunan yang kurang baik, ataupun hasil kerja bangunannya yang kurang maksimal, karena biasanya pembangunan rumah dengan serentak dan dikerjakan dengan singkat, dengan begitu tidak sedikit kejadian yang dimana hasil kerjanya kurang baik karena terkesan terburu-buru.

Rumah Kavling

Beda seperti perumahan, dimana rumah kavling ini biasanya kita hanya akan memilih lahan kosong terlebih dahulu, yang kemudian kita akan membangun rumah tersebut di tanah kavling yang akan kita beli.

Bangunan rumah sendirinyapun bisa di bilang bebas, mungkin kamu bisa membangun sesuai dengan yang ditawarkan oleh pengembang, atau memang kamu memiliki keinginan desain tersendiri, keuntungan dari membeli rumah kavling ini kamu bisa membeli bahan bangunan sesuai dengan budget yang kita punya, jika ternyata budgetnya cukup baik, maka pilihlah kualitas bahan bangunan yang baik pula, dengan begitu kekuatan dan kenyaman rumah kamupun akan terjamin, beda halnya ketika kamu membeli rumah di perumahan, yang dimana kemungkinan besar bahan bangunannya tidak sesuai dengan apa yang kamu harapkan.

Namun hal yang paling penting ketika kamu akan membeli rumah kavling ataupun di perumahan, pastikan rumah atau tanah yang akan kamu beli memiliki Sertifikat Hak Milik atau biasa disebut dengan “SHM” agar terjamin keasliannya, dan perhatikan juga naman atau data di surat tersebut, apakah benar nama tersebut cocok dengan penjualnya? Jika tidak maka banyak hal yang harus kamu perhatikan, jangan sampai kamu malah tertipu.

Selai itu kamu juga wajib utnuk menanyakan apakah status sertifikat tanahnya sudah di pecah atau masih sertifikat induk? Dan mintalah penjual tersebut untuk menunjukan fotokopi sertifikat dari masing-masing tanah. Kemudian kamu juga harus memastikan bahwa nomor seri dan letak lokasi tanah ini tidak sama, jika nomer seri dan letak lokasinya sama, maka sertifikat tersebut merupakan sertifikat induk dan belum dipecah, jadi pastikanlah bahwa sertifikat dari tanah kavling yang akan kamu beli sudah masing-masing atau sudah di pecah.

Jadi jika ternyata kamu memiliki budget yang cukup baik, membeli rumah kavling ini dirasa akan lebih baik juga, karena dengan membeli tanah kavling, kamu bisa memiliki rumah sesuai dengan apa yang kamu inginkan, sehingga kamu akan selalu merasa nyaman dan aman ketika berada di rumah.