Pengalaman Pertama Membeli Tanah Kavling? Ikuti Tips ini

Tanah kavling merupakan tanah yang dipetakan dan bisa kamu beli sesuai dengan ukuran yang kamu inginkan, biasanya ketika kamu membeli tanah kavling, tanah tersebut sudah memiliki akses jalan seperti perumahaan.


Saat ini tanah kavling bisa banyak kamu temui di berbagai daerah, karena tanah kavling ini semakin hari semakin diminati, selain tanah kavling biasanya memiliki petak atau lokasi yang tertata rapi, tanah kapling ini juga biasanya terdapat di lokasi yang strategis, sehingga tanah kavling ini bisa menjadi rebutan banyak orang.

Nah buat kamu yang baru pertama kali membeli tanah kavling, ada beberapa hal yang wajib kamu perhatikan, agar kamu tidak tertipu dan menyesal ketika membeli tanah kavling tanpa memiliki banyak pengetahuan, untuk bisa menghindarinya, bacalah tips berikut ini.

Memperhatikan Sertifikat

Hal utama yang harus kamu lakukan ketika akan membeli suatu tanah kavling adalah memperhatikan atau mengecek sertifikat tanah tersebut, karena tidak sedikit yang tertipu ketika membeli tanah kavling dan tidak mengecek atau tidak mengerti banyak tentang sertifikat yang asli dan tidak bermasalah.

Perhatikan Data Sertifikat

Sertifikat tanah ini merupakan hal yang cukup sensitif, karena jika kamu membeli tanah tanpa sertifikat yang baik, maka bisa jadi pengalaman membeli tanah kavling yang seharusnya menyenangkan malah menjadi mimpi buruk yang bisa kamu dapatkan. Perthatikanlah nama pemilik hak atas tanah tersebut, apakah nama pemilik di sertifikat itu sesuai dengan nama pihak penjual atau pengelola tanah tersebut? Jika namanya tidak sama, lebih baik kamu tidak usah membelinya, karena selain bisa jadi penipuan, nama balik nama tentang surat ini bisa di bilang cukup mahal.

Perhatikan Status Sertifikat Kavling

Hal lainnya yang harus kamu lakukan saat akan membeli tanah kavling adalah memperhatikan status sertifikat tanah kavling, jika kamu melihat status sertifikat tersebut berupa tanah sawah atau biasa di sebut sertifikat induk, maka lebih baik kamu tidak usah membelinya, karena jika tanah tersebut hanya memiliki sertifikat induk, kamu akan membutuhkan waktu atau proses yang cukup lama sampai sertifikat itu di pecah, untuk itu pastikanlah tanah kavling yang akan kamu beli sudah memiliki status sertifikat yang terpecah sehingga kamu tidak perlu lagi menunggu peroses pemecahan sertifikat.

Itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika akan membeli tanah kavling, membeli tanah kavling ini bisa sangat menyenangkan dan menguntungkan ketika kamu membelinya dengan benar, namun jika kamu membeli tanah kavling tanpa pengetahuan yang baik, maka kamu akan mendapatkan kerugian. Ada baiknya kamu untuk membawa ahli hukum ketika akan membeli tanah kavling, dengan didampingi ahli hukum maka pembelian tanah kavling ini dirasa akan lebih aman.